Friday, December 28, 2007

bEinG hEaLtHy iS a ChOicE...


Pada suatu kesempatan di hari minggu ketiga di bln desember, saya berkesempatan ngobrol2 dlm suasana arisan bersama teman2 saya.

Kebetulan salah seorg teman saya mengajak temannya yg bernama Pak Dar. Dia sedang mempromosikan klinik gratis yg dikelola oleh teman2nya juga. Pak Dar ini sebagai humas dari klinik gratis yg ia kelola.Dari sana saya mendapat banyak informasi mengenai kesehatan. Ternyata banyak dari kita yg kurang paham akan pentingnya kesehatan itu sendiri. Saya baru tahu bahwa menurut survey WHO, 15% dari penduduk dunia itu adalah sehat(termasuk juga bayi), 15%nya lagi adalah tidak sehat atau sakit. Bagaimana dgn sisanya?. Ternyata sisanya yaitu sebanyak 70% adalah penduduk yg terlihat sehat. Bisa jadi kamu2 smua rata2 termasuk dlm golongan ini. Jika kamu2 semua mau untuk mengecek kesehatan kalian, mungkin kalian akan mendapati beberapa keluhan ataupun penyakit2 ringan maupun berat yg selama ini tidak kalian ketahui dan rasakan.

Selanjutnya Pak Dar juga menberitahukan kalau selama ini ada 4 golongan penyakit yg tidak bisa disembuhkan. Penyakit pertama yg disebut VIRAL INFEKSI. Penyakit ini berasal dari virus, jamur, ataupun bakteri. Sebut saja contohnya adalah flu.Penyakit jantungpun bisa dimasukkan dlm kategori ini. Kategori yg kedua adalah penyakit yg diakibatkan o/ALERGI terhadap sesuatu bisa alergi terhadap debu, udara dsb.Lalu kategori yg ketiga disebut AUTOIMUNE, yaitu sistem kekebalan tubuh kita yg tidak bekerja dengan baik alias mengalami disfungsi. Seharusnya imun dalam masing2 tubuh kita bersifat sebagai benteng pertahanan akan tetapi pd kasus ini ia malah memperlemah ketahanan tubuh kita. Sebut saja penyakit lupus, rematik( saya saja baru tahu loh kl penyakit ini disebabkan o/autoimune), asam urat, diabetes. Kategori yg terakhir biasa kita sebut dengan CANCER. Contohnya banyak, mulai dari tumor, kista, myop(sepertinya penyakit2 yg sering diderita oleh kaum hawa ya???), dan penyakit2 degeneratif.

Ngeri gak sih kl membayangkannya?Ada begitu banyak penyakit ya ternyata di jaga raya ini? Dari sekian banyak penyakit itu ada yg tidak bisa disembuhkan seperti yg saya bilang dr awal. Penjelasan dari Pak Dar tsb membuat saya sadar bahwa sehat itu adalah pilihan kita(kenapa begitu banyak pilihan ya dlm hidup kita?)

Sehat itu terbagi menjadi 3 bagian yaitu sehat jasmani, rohani serta sehat pikiran. Sebenarnya ada cara untuk menghindari penyakit2 itu semua sehingga kita bisa mendapatkan ketiga jenis sehat tsb. Pertama adalah dengan menjalankan pola hidup BERSIH. Kelihatannyya gampang memang tp kalau tidak dibiasakan dr kecil akan susah untuk kedepannya. Dari mulai kamar kita harus bersih, memperoleh perputaran udara yg cukup. Cara kedua adalah dengan menjauhi hal2 yg bersifat racun seperti pestisida yg berasal dari sayur2an segar. Sayur2an tsb hendaklah dicuci terlebih dahulu karna sebelumnya pasti sayuran tsb disemprotkan pestisida. Kecuali kita memakan sayuran organik, sayuran tsb aman tentunya.Jauhi pula asap rokok dan polusi udara. Untuk yg satu ini sepertinya susah ya???karna 90% dari lingkungan kita pasti sudah tercemari oleh hal tsb. Satu hal yg disukai oleh ibu RT adalah mecin atau MSG. Harusnya kitapun mulai mengurangi makan2an yg mengandung zat tsb karna ternyata zat2 yg sudah disebutkan di atas dapat melemahkan imun kita.Selanjutnya jauhi pula gula ataupun makanan yg terlalu manis. Dan yg terakhir nih...yg harus kita hindari juga yaitu STRESSSSS. Padahal rata2 dr penduduk di Jakarta pasti mengidap penyakit yg satu ini. Seiring dengan beragamnya masalah di kota tercinta kita, makin banyak pula yg terkena stres.

Informasi di atas mungkin sudah pernah kalian dapatkan, tapi saya di sini sekedar mengingatkan kamu2 semua akan pentingnya kesehatan itu sendiri. Finally, BEING HEALTHY IS A CHOICE, jadi utk kamu2 semua pilih sehat atau sakit? , keputusan ada di kamu2 semua....


No comments: